2012-12-26

Dresden, Kota Indah Bergaya Baroque








Resmi berdiri tahun 1206 dengan nama Drezdany, kota ini berpisah dari kota tetangga Leipzig tahun 1485. Baru tahun 1530 dimulai pembangunan besar-besaran dibawah Kurfürst Moritz yang menjadikannya ibukota di tahun 1547. Selama pemerintahan August dem Starken dan putranya Friedrich August II antara tahun 1694 hingga 1783, Dresden berkembang menjadi kota residen bergaya baroque terindah.
Sebagai kota wisata, Dresden menyajikan banyak hal : keindahan arsitektur seperti Zwinger, Frauenkirche, Semperoper dan Residenzschloss, galeri-galeri seni, museum-museum menarik, monumen-monumen serta bangunan bersejarah lainnya. Yang meskipun sempat hancur akibat perang dunia kedua, sebagian kini kembali berdiri dengan megahnya.
Perjalanan bersama teman di Dresden sebagai pemandu, kami mulai dari kota tua atau Altstadt. Di suatu siang yang panas. Di Zwinger wisata arsitektur kami mulai. Kompleks mueum Zwinger adalah mahakarya arsitektur baroque dan merupakan bangunan kuno paling terkenal di Dresden. Penggagasnya adalah dua seniman besar matthäus Daniel Pöppelmann sebagai arsitek dan Balthasar Permoser. Zwinger menurut kami adalahs ebuah kompleks mirip candi yang luas, dengan empat air taman berair muncrat di bagian tengahnya. Ukiran batu-batunya memang sangat menawan. Gerbang yang kami masuki bagaikan bermahkota emas. Turis-turis termasuk kami heboh memotret isi kompleks.
Perjalanan pun kemudian berlanjut ke Theaterplatz yang berisi Semperoper, opera sangat terkenal di negeri ini dengan patung Johanns von Sachsen di bagian muka, Frauenkirche, gereja raksasa yang baru kelar dibangun kembali setelah terkena serangan bom puluhan tahun lalu, Taschenbergpalais,sebuah bangunan yang dibangun Pöppelman untuk istri Augusts des Starken, Gräfin Cosel, serta bekas gereja katolik Hofkirche. Hanya satu kata untuk menggambarkan keindahan arsitektur bangunan-bangunan tersebut : wow…
Pameran keindahan tak berhenti sampai disini, hanya beberapa langkah dari Theaterplatz membujur Jembatan Augustus, kebanggaan warga Dresden penghubung Altstadt dan Neustadt (kota baru), Festung Dresden yang memiliki bangunan bawah tanah, Stallhof dan Fürstenzug, lukisan para penguasa Dresden di permukaan 25 ribuan keramik Meissen.
Setelah melewati Brühlsche Terrasse, hari sudah semakin senja. Teras ini pemilik julukan Balkon Eropa karena keindahannya taman dan patung-patungnya. Kami mampir di Prager Strasse, dimana pusat kehidupan kota berlangsung. Pemusik jalanan memainkan musik klasik, orang-orang membanjiri kafe-kafe dan restauran. Menikmati suasana kota yang hangat. Kami merasa sedang berada di dunia lain.
Neustadt kami kunjungi di hari lainnya. Di promenade tepi Sungai Elba ini adalah tempat yang sangat cocok untuk memotret keindahan Altstadt. Tak banyak kami lihat di daerah dimana gedung-gedung milik pemerintah kota dan negara bagian Sachsen ini berdiri. Hanya satu dua bangunan besar serta patung Emas Raja Polandia Friedrich August I sebagai penarik perhatian.

0 komentar:

Posting Komentar